Inklusi SMA : Membangun Jiwa Wirausaha Pemula di Era Revolusi Industri 5.0

KEDIRI – Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil, dan Menengah (UPTKUKM) Jawa Timur menggelar kegiatan inklusi sosial melalui literasi dengan tema “Membangun Jiwa Wirausaha Pemula di Era Revolusi Industri 5.0”. Kegiatan yang berlangsung di SMAN 2 Kediri ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Timur Dr. Andromeda Qomariah, M.M. dan Kepala UPT Pelatihan Erwin Indra Widjaja, S.E., M.A.P.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada generasi muda khususnya pelajar SMA untuk membangun jiwa wirausaha sejak dini. Hal ini penting mengingat tantangan di era revolusi industri 5.0 yang semakin dinamis dan kompetitif.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur Dr. Andromeda Qomariah, M.M. menekankan bahwa membangun jiwa wirausaha tidak hanya untuk mencetak entrepreneur muda. Hal itu untuk membekali anak muda dengan keterampilan hidup (life skills) yang dapat meningkatkan daya saing.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para peserta yang mayoritas pelajar SMA ini bisa terinspirasi untuk mulai berpikir kreatif dan inovatif serta punya kemauan keras untuk mewujudkan ide bisnisnya suatu saat nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pelatihan Erwin Indra Widjaja dalam sambutannya menjelaskan mendukung upaya penguatan jiwa entrepreneurship sejak dini. Menurutnya, kesuksesan UMKM ke depan akan ditentukan oleh entrepreneur muda yang tangguh dan adaptif.

Beberapa materi menarik diantaranya, strategi memulai usaha, mengelola keuangan, hingga pemanfaatan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis. Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi interaktif dan tanya jawab dengan para peserta.

Kunjungi laman Youtube resmi kami untuk materi – materi menarik lainnya di : UPTKUKM Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published.