Bincang Ringan : Berwirausaha sebagai Opsi Penopang Kehidupan bagi Pilar Sosial

Malang – Pada tanggal 20 September 2023, telah diselenggarakan bincang ringan dengan tema “Berwirausaha sebagai Opsi Penopang Kehidupan bagi Pilar Sosial”. Acara ini dihadiri oleh kepala UPT KUKM Jatim, Erwin Indra Widjaja S, E. M.A.P, serta Lilik Sri Sumartini A. Ks ketua UPT PTKS Malang, yang merupakan pilar sosial provinsi Jawa Timur.

Wirausaha dianggap sebagai penopang penting dalam kehidupan sosial dalam menghasilkan pendapatan yang meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial. Dalam acara ini, dua Widyaiswara pembicara utama adalah Ibu Pramadavita Andini S, Gz. M.M dari UPT KUKM Jatim dan Merielle Yuditha Canary S.Pd., M.Kesos dari UPT PTKS Dinsos Jatim.

Pilar sosial merupakan relawan sosial yang membantu menyelesaikan masalah sosial di tingkat kasus, seperti bencana, anak terlantar, dan permasalahan sosial lainnya. Mereka adalah tenaga pendamping yang terjun langsung menangani masalah sosial.

Baca juga : Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM & Keterampilan Kriya Tas Anyaman Bahan Sintetis untuk Kelompok Difabel Kabupaten Trenggalek

Dari sisi UPT Pelatihan Pramadavita memberikan pandangan tentang apa yang harus dipersiapkan pilar sosial untuk menjadi wirausaha. Hal -hal yang harus diperhatikan meliputi manajemen SDM, aspek finansial, operasional, dan pemasaran.

UPT PTKS Dinsos telah melakukan berbagai upaya untuk mengajak para pilar sosial untuk berwirausaha, termasuk melalui podcast dan rencana pelatihan di masa depan. Merielle menjelaskan bahwa berwirausaha adalah salah satu opsi bagi yang mungkin belum kuat secara finansial.

Selain itu, diskusi mencakup tantangan yang dihadapi, seperti manajemen waktu dan modal, serta bagaimana motivasi dan pendanaan dapat membantu mengatasi tantangan tersebut. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memberikan ketrampilan yang diperlukan pilar sosial dalam berwirausaha. Seperti diadakan pelatihan barista atau memproduksi kue kering dan makanan ringan yang bisa dijual, terutama saat mendekati hari raya.

Kunjungi laman Youtube resmi kami untuk materi – materi menarik lainnya di : UPTKUKM Jatim

Bincang Ringan : Berwirausaha sebagai Opsi Penopang Kehidupan bagi Pilar Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published.