Pelatihan SPI dan ASET Sijawara Untuk Kepala / Manager Koperasi

Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Koperasi Kecil dan Menengah (UPTKUKM) Jawa Timur telah melaksanakan pelatihan daring terkait SPI dan Aset. Selain memberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga keamanan aset dan infrastruktur digital dalam dunia koperasi, pelatihan ini juga memberikan materi mengenai penerapan pengendalian internal dan eksternal serta tahapan pengelolaan aset seperti mempersiapkan pengamanan aset dan infrastruktur, melaksanakan pengamanan aset dan infrastruktur, dan melaporkan hasil kegiatan pengamanan aset dan infrastruktur.

Para peserta pelatihan diberikan contoh bentuk penyimpangan yang terjadi di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan langkah pengendalian penyimpangan tersebut. Selain itu, diajarkan mengenai penyebab tingginya Non-Performing Loan (NPL) serta pengendalian Pengawasan Khusus (PK) dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB).

Baca juga : Pembahasan Kurikulum dan Silabi Pelatihan Kewirausahaan

Dalam pelatihan ini, peserta juga diajarkan tentang pentingnya verifikasi bukti-bukti transaksi dan bukti kepemilikan asset sebagai bagian dari upaya pengendalian internal yang efektif. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para manager atau kepala cabang koperasi dalam mengendalikan risiko dan menjaga keamanan aset dan infrastruktur digital, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap koperasi.

Video pelatihan dan materi dapat diakses di Youtube UPTKUKM : Pelatihan SPI dan ASET Sijawara Untuk Kepala / Manager Koperasi

Pelatihan SPI dan ASET Sijawara Untuk Kepala / Manager Koperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.