Heru Oktavianto, S.Kom, M.M
Widyaiswara Ahli Pertama – UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur
Fenomena yang terjadi dalam dunia usaha salah satunya adalah banyak didapati kesamaan sebuah produk yang ada dipasaran. Hal ini tentu menjadi risiko bahwa persaingan yang sengit akan terjadi diantara produk, sehingga tidaklah sedikit yang memilih strategi dalam hal penentuan harga jual semua berlomba lomba memberikan harga yang termurah supaya produknya bisa terjual. Hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh para pelaku usaha tidak sedikit pula yang rela sampai melakukan promosi harga mati-matian baik di pasar offline maupun online untuk dapatnya produk dikenal, diterima dan digunakan secara terus menerus oleh target pasar yang akan dituju, sampai terkadang ada yang baru sadar bahwa mereka telah rugi besar dalam hal budget promosi & subsidi harga sehingga hal ini menjadi sebuah malapetaka bagi pelaku usaha saat tau bahwa selama ini yang didapatkan dari hasil kerja kerasanya hanya sebuah kerugian semata.
Sehingga perlu para pelaku usaha melakukan instropeksi diri, sebelum anda menentukan produk yang akan di produksi tentu segala sesuatunya akan diawali dengan sebuah riset sederhana dimana apa yang sedang dibutuhkan oleh target pasar yang akan kita pilih, setelah hasil didapatkan maka Langkah selanjutnya adalah mencari sebuah value atau bisa disebut apa keunggulan atau nilai tambah produk kita dibandingkan produk sejenis yang ada dipasaran saat ini, terkadang hal kecil ini sama-sama kita lupakan padahal hal tersebut sangatlah penting, karena target kita pasti akan membandingkan produk yang sudah ada dengan produk baru yang akan kita produksi dan pasarkan.
Dari sini bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya target pasar kita itu tidaklah semata-mata membeli sebuah produk akan tetapi mereka menukarkan uangnya dengan sebuah value yang jika didapatkan maka yakinlah anda akan mendapatkan target pasar yang loyal terhadap produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha, berapapun harga yang ditawarkan pasti itu tentu tidak akan menjadi sebuah permasalahan yang utama apalagi ditunjang dengan target pasar yang sesuai, value ini akan menjadi sebuah kekuatan para pelaku usaha untuk terus mengembangkan roda usaha yang telah dibangun dari awal berdirinya sebuah usaha. Maka mulai sekarang temukanlah value apa yang ada didalam produk anda dan yakinlah bahwa itu merupakan modal berharga yang terus harus dikembangkan secara terus menerus untuk mempertahankan dan mengembangkan sebuah bisnis.