Koperasi CUSanqti : Berawal dari Sekolah Katolik Sang Timur

Koperasi CUSanqti atau Credit Union Sanqti yang diketuai Alfonsius Glori A. S, Pd., berhasil menciptakan sebuah koperasi yang berdiri sendiri dengan nama Sanqti. Awalnya, koperasi ini bermula dari sebuah koperasi guru di salah satu sekolah swasta di kota Pasuruan, yaitu sekolah Katolik Sang Timur yang sudah memiliki sejarah legendaris di bidang pendidikan. Koperasi guru ini kemudian tumbuh dan berkembang secara mandiri dengan modal terbatas hingga menjadi entitas dengan aset yang cukup besar. Fokus Koperasi Sanqti adalah pada Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM).

Menariknya, Koperasi CUSanqti berhasil mendapatkan kepercayaan masyarakat dan dapat berdiri sendiri di luar lingkungan sekolah. Hal ini disebabkan oleh sikap inklusif mereka terhadap berbagai model ekonomi yang ada di masyarakat pada saat itu maupun saat ini. Mereka tidak memandang bulu dalam memberikan pelayanan, termasuk kepada mereka yang berada dalam kategori ekonomi lemah hingga menengah ke atas.

Baca juga : Manisnya Kesuksesan, Mengupas Rahasia Bisnis Donat Paha Ayam

Visi dari Koperasi CUSanqti yang diusung oleh Ketua Alfonsius adalah untuk menciptakan profesional berintegritas yang setara dengan orang akademis. Mereka ingin memperkuat posisi Koperasi Sanqti dengan menghadirkan pola kebijakan yang berpihak pada anggota yang berada di kelas menengah ke bawah. Untuk mendukung anggota dalam era digital, Koperasi Sanqti meluncurkan aplikasi di Google Play Store yang lengkap dengan fitur literasi digital. Melalui aplikasi ini, anggota dapat dengan mudah memantau saldo, hutang, serta melakukan transaksi jual beli dengan sesama anggota.

Selain aktif sebagai Ketua Koperasi CU Sanqti, Alfonsius juga seorang penulis yang telah menerbitkan dua buku berjudul ‘Transformasi Adaptif’ dan ‘Digital Marketing’. Buku-buku tersebut disumbangkan ke perpustakaan khusus di UPT KUKM Jatim.

Koperasi Credit Union Sanqti menyadari bahwa tetap berpegang pada sistem dan pola konvensional dapat menyebabkan mereka tertinggal. Oleh karena itu, mereka terus menggalakkan literasi digital di kalangan anggota dan pengelola, serta memiliki konsep dan pemikiran yang sejalan dalam pengawasan. Dengan upaya ini, Koperasi Sanqti berharap dapat terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memberikan manfaat maksimal bagi anggotanya.

Koperasi CUSanqti : Berawal dari Sekolah Katolik Sang Timur

Kunjungi laman Youtube resmi kami untuk materi – materi menarik lainnya di : UPTKUKM Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published.