PELATIHAN PENINGKATAN DAYA SAING USAHA UKM DENGAN STRATEGI BRANDING, PACKAGING & LABELLING

Masa pandemi membuat kegiatan masyarakat dipindahkan kerumah atau WFH. Begitu juga UKM sehingga UPT Pelatihan KUKM Jatim memanfaatkan momen ini untuk melaksanakan pelatihan mengenai strategi branding, packaging, dan labelling yang akan menjadi ilmu penting dalam kegiatan UKM untuk meningkatkan daya saing usaha mereka. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari pada 27-28 April 2021 dengan materi “Lebih Mengenal Apa Itu Branding Bagi UMKM” dan “Packaging dan Labelling”.

Materi hari pertama di isi oleh Bapak Heru Oktavianto, S.Kom, M.M. mengenai apa itu branding. Jadi, brand/merek ternyata bukan hanya logo atau nama dari suatu produk UKM tetapi merupakan pengalaman konsumen secara keseluruhan mengenai produk tersebut. Apakah produk tersebut enak dimakan, unik rasanya, berbeda tampilannya dari produk lain, dan sebagainya. Tidak lebih dari 1% brand di dunia yang diingat oleh konsumen dikarenakan brand yang dikomunikasikan dengan cara tidak benar dan baik. Sehingga perlunya strategi untuk membuat dan mempertahankan brand yang sudah dibangun oleh pemilik UKM.

Hari kedua materi disampaikan oleh Bapak Mario Dwi Putra Lesmana, S.S, M.Pd mengenai packaging dan labelling. Packaging dan labelling dari sebuah produk merupakan aspek yang penting dalam suksesnya sebuah produk. Sebagus-bagusnya produk atau sepremium apapun produk yang dijual, tidak akan laku jika kemasan atau labelling produknya tidak menarik pasar. Sehingga perlunya teknik kemas produk yang benar dan diberi label yang akan menarik perhatian pasar.

            Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini merupakan salah satu langkah awal UMKM untuk menyusun strategi branding produk mereka dengan baik dan benar. Sehingga UKM bisa terus bersaing di masa pandemi. (SFH)

Leave a Reply

Your email address will not be published.