Pelatihan Sijawara PPOM dan Motivasi bagi Manager atau Kepala Cabang

PPOM atau Prinsip – Prinsip Organisasi dan Manajemen Koperasi Jasa Keuangan dan Motivasi ini berbeda dengan pelatihan sebelumnya, pembahasan cukup berat karena berkaitan dengan sertifikasi kompetensi bagi pengelola koperasi. Tiara Dinar Aulia, S.I.Kom.,M.M selaku narasumber menuturkan, pentingnya kepercayaan, risiko dan pengelolaan keuangan pada koperasi dibuktikan dengan sertifikat sehingga tidak bisa dikelola sekadarnya dan harus mempunyai SDM yang Kompeten. Seperti diatur dalam Permenkop UKM No. 15 tahun 2015 pasal 15 ayat 5 dan Permenkop UKM 11 tahun 2017.

Pelatihan PPOM dan Motivasi ini merupakan materi pertama dari serangkaian kegiatan yang akan diberikan kepada para manager atau kepala cabang yang ingin mengikuti sertifikasi SKKNI. Apabila sudah mengikuti dan mendapatkan sertifikat dalam setiap pelatihan daring sijawara, maka peserta dapat megajukan diri mengikuti uji SKKNI.

Baca juga : UPTKUKM Selenggarakan Rapat Koordinasi Tenaga Pendamping PK2UMK Se – Jawa Timur

Narasumber menjelaskan, PPOM terdiri dari tiga elemen yaitu : Menginventarisir kebijakan organisasi dan manajemen KJK, Melaksanakan kebijakan organisasi dan manajemen KJK dan Melaporkan hasil pelaksanaan kebijakan organisasi dan manajemen KJK. Beberapa unsur penting juga dijabarkan seperti Prinsip Perkoperasian, Kinerja Koperasi, Kepatuhan Hukum Publik dan Hukum Privat, dll.

Terakhir, materi Motivasi yang berkaitan dengan Prinsip – Prinsip Organisasi dan Manajemen dalam mengelola karyawan. Manager diberikan pemahaman bagaimana menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman dan kondusif serta budaya kerja yang efektif dengan memotivasi karyawan. Kemampuan manager / kepala cabang dalam memotivasi karyawan akan meningkatkan semangat kerja sehingga membuat koperasi menjadi berkembang.

Video pelatihan dan materi lebih lengkap dapat diakses di Youtube resmi UPTKUKM : Pelatihan Sijawara PPOM dan Motivasi bagi Manager atau Kepala Cabang

Pelatihan Daring PPOM dan Motivasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.