“EKO-TREN” Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah usai. Hal ini ditandai dengan telah diumumkannya Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022. Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur telah berhasil mengembangkan inovasi EKO-TREN (Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pesantren) yang telah sukses menyediakan 4.125 lapangan kerja dan menjadi salah satu Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tahun 2022.

Inovasi EKO-TREN dianggap telah memenuhi aspek penilaian. Meliputi ringkasan 5 persen, ide inovatif 20 persen, signifikansi 25 persen, kontribusi terhadap capaian TPB 5 persen, adaptabilitas 20 persen, keberlanjutan 20 persen, serta kolaborasi pemangku kepentingan.

Selain itu, EKO-TREN juga berhasil mendongkrak peningkatan omzet usaha pesantren dari Rp1,056 triliun menjadi Rp4,798 triliun. Lalu peningkatan aset yang semula Rp796 miliar menjadi Rp3,92 triliun. Tak hanya itu, kontribusi kepada pesantren juga meningkat 30-75 persen dari kebutuhan operasional pondok pesantren.

Keberhasilan EKO-TREN bahkan telah direplikasi 8 kabupaten/kota di Jatim. Yakni, Kota Madiun, Kabupaten Probolinggo, Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Blitar. Selain itu, EKO-TREN telah dikembangkan Kalimantan Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.