SUKSES BISNIS AFILIASI 4.0


  • Penulis : Arista Prasetyo
  • Penerbit : PT Elex Media Komputindo
  • Tahun terbit : 2020
  • Jumlah Halaman : 213 halaman
  • Reviewer : 1. Setiawan Anom Pribadi, ST.,MM.
    2. Dwi Wijatiningsih, S.Hum
  • Tanggal Review : 30 Maret 2022

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan buku ini adalah agar pembaca mengetahui, mengerti, dan memahami bahwa E-commerce telah memasuki era 4.0 dimana kolaborasi antara Online dan Offline sedang berlangsung. Maka, dalam buku ini penulis ingin menjelaskan bahwa bisnis afiliasi adalah salah satu peluang bagi pembaca yang tidak memiliki modal untuk ikut berjualan di Internet.

Temuan Fakta dan Ringkasan

Kemajuan internet adalah salah satu faktor kejayaan teknologi digital yang semakin pesat. Menurut data yang diperoleh dari Kominfo, pada tahun 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 200.35 juta pengguna atau 76.8%. Hal tersebut diyakini adalah salah satu dampak dari pandemi COVID-19, yang sedang berlangsung membuat seluruh masyarakat beralih ke teknologi digital. Keberlangsungan pandemi yang belum usai berdampak pada sektor bisnis dimana saat ini mulai merambah ke dunia teknologi digital. Pelaku usaha kecil, menengah, dan besar harus memilih beralih ke pasar elektronik  agar tetap bertahan di masa pandemic COVID-19 ini. Berdasarkan laporan yang pernah dirilis oleh Google pada Oktober 2020 menyebutkan bahwa waktu yang disediakan orang untuk masuk ke platfrom dagang online sepanjang terjadinya pandemi yang semula 3,7 jam/hari menjadi 4,7 jam/hari Ketika terjadi lockdown dan menjadi 4,2 jam/hari setelah lockdown berakhir. Dari gambaran tersebut transaksi e-commerce pada tahun 2021 sebesar Rp337triliun naik 33,2 persen dibandingkan transaksi pada tahun 2020 sebesar Rp253 triliun.

Berdasarkan data tersebut maka dapat ditengarai bahwa bisnis online adalah pembangkit perekonomian Indonesia kala pandemi COVID-19. E-commerce adalah salah satu platfrom yang diyakini banyak digunakan oleh masyarakat diindonesia sesuai dengan data yang ada. E-commerce dalam penggunaan yang sangat mudah juga terjamin keamanan dan transaksinya membuat para pembeli tidak takut untuk melakukan pembelian secara online. Namun, hal tersebutlah yang membuat persaingan para pelaku bisnis menjadi sengit. Berjualan menggunakan e-commerce tentunya tidaklah mudah, karena produk yang dijual membutuhkan modal yang tidak sedikit. Membuat aplikasi e-commerce yang tidak murah dan juga kantor yang disediakan untuk para pegawai tentunya membutuhkan modal yang besar. Maka, solusi dari hal tersebut adalah model bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi pada era teknologi sudah memasuki era e-commerce 4.0. Afiliasi merupakan salah satu bidang bisnis internet yang berkembang dengan pesat seiring bermunculannya e-commerce yang mengandalkan affiliate sebagai patner berpromosi. Komponen yang ada dalam bisnis afiliasi adalah pemilik barang, affiliate, dan pembeli. Berikut adalah Sistem Kerja Afiliasi;

Dari alur diatas dapat dijelaskan bahwa Anda sebagai affiliate yang sudah menjadi member pada salah satu penyedia layanan afiliasi memposting barang atau produk yang akan dijual dapat di website atau blog yang dimiliki. Kemudian pembaca atau pembeli akan mengakses link yang telah Anda sematkan pada website atau blog yang dimiliki. Selanjutnya jika ada pembelian antara pembeli dan pemilik barang , Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan persentase dengan ketentuan yang telah disepakati. Dalam bisnis afiliasi ini Anda tidak perlu stock barang (kulak), tidak melakukan packing barang, tidak melakukan transaksi jual beli, dan tidak perlu ikut dalam pengiriman barang. Terakhir adalah Ketika barang sudah terjual Anda akan mendapatkan komisi. Setelah mengetahui Alur tersebut, tentunya mengetahui penyedia layanan afiliasi adalah salah satu hal yang harus diketahui. Penyedia layanan afiliasi adalah toko online atau marketplace, pemesanan tiket dan bokinh penginapan, hosting dan domain, produk digital.

Fakta Aplikatif Bisnis Afiliasi  4.0

Penelitian yang ditemukan oleh penulis affiliate dapat membuat program secara mandiri dengan konten digital. Program yang diciptakan khusus untuk Mahasiswa dan Alumni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Jawa Timur memiliki hasil yang positif, dinyatakan bahwa bisnis afiliasi dengan konten digital dapat membantu para mahasiswa dan alumni dalam mempromosikan produk digital secara mudah dan cepat, pemilik produk lebih mudah dalam mengajak orang lain untuk bergabung menjadi member/afiliasi dengan membagikan referral link yang dimiliki, memberi peluang setiap orang dalam mempromosikan produk digital melalui referral link, dan sistem afiliasi yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas sangat nyaman dan mudah digunakan[1].


Daftar Pustaka

Arista Prasetyo, Adi, “Sukses  Bisnis Afiliasi 4.0”, PT Elex Media Konmputindo. Jakarta: 2020

Dian, Arifin Rudi, (2021)  Rancang Bangun Program Afiliasi Konten Digital Studi Kasus: Produk Digital Mahasiswa Dan Alumni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jurnal Teknologi dan Komunikasi: Sidoarjo, 15.

Novina Putri Bestari , CNBC Indonesia, diakses tanggal 29/03/2022 pada laman https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220120142249-37-309046/768-warga-ri-sudah-pakai-internet-tapi-banyak-pr-nya

Temasek dan Bain & Company dalam Firman Hidranto, diakses tanggal 29/03/2022 pada laman https://www.kominfo.go.id/content/detail/32999/bisnis-e-commerce-semakin-gurih/0/artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.