5 Tips Bekerja dari Rumah dengan Produktif

Muhammad Sulton Aminudin, S, Kom, M.M
Widyaiswara – UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur

Materi ini merupakan sebuah rangkuman dari penjelasan yang diberikan oleh ibu Betty Alisyahbana, direktur QB training, dalam Channelnya QB Leadership. Beliau menyampaikan beberapa tips untuk bekerja dari rumah yang dapat di rangkum dalam beberapa poin sebagai berikut, hal ini dapat menghindari kata malas :

Persiapan yang prima
Kondisikan diri ini untuk bersiap-siap bekerja, memakai pakaian yang rapi, ataupun kasual. Pastikan kita membuat mode/posisi berbeda walaupun masih ditempat yang sama. Sehingga diharapkan dengan menerapkan hal ini kita dapat lebih bersemangat, bekerja secara daring.

Jam kerja disamakan dengan jam kerja di kantor
Pastikan jam kerja dari rumah, adalah jam yang sama ketika duduk menghadap layar monitor di kantor. Jika terbiasa memulai pekerjaan pada pukul 10, maka pastikan hal tersebut anda lakukan juga ketika bekerja dari rumah. lakukan aktifitas yang sama ketika anda juga bekerja dari Kantor.

Tentukan tempat kerja
Tempat kerja yang rapi, tenang, umumnya kita temukan tempatnya di kantor. Tetapi, bila bekerja dari rumah, tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri. Terdapat banyak distraksi dirumah karena kondisi rumah bukanlah kondisi yang sama dengan tempat kerja. Tetapi anda dapat mengkondisikan diri seperti sedang bekerja. Usahakan anda dapat menemukan ruangan yang lebih tenang untuk bekerja. Pastikan komunikasi dan batasan dengan orang-orang yang ada dirumah agar mendapatkan privasi kegiatan bekerja. Ingatkan kita tidak sedang cuti

Menggunakan teknik pomodoro
Teknik Pomodoro singkatnya adalah menentukan 1 pekerjaan utama. Lalu bekerja 25 menit dengan fokus, setting alarm, jauhi distraksi seperti handphone dan gadget lainnya, pekerjaan lainnya bisa dicatat dulu pada catatan. Lalu beristirahat 5 menit bisa mendengarkan musik, ke toilet dll.
Dalam 1 kesatuan kegiatan tersebut disebut 1 pomodoro. jika kita sudah melewati 4 kali pomodoro kita bisa mengambil istirahat yang lebih panjang. Adapun detail Teknik Pomodoro akan dijelaskan dalam tulisan berikutnya.

Pelihara komunikasi dengan rekan kerja
Pastikan anda bisa tetap mengobrol dengan rekan kerja seperti biasa walaupun tidak secara langsung, namun melalui alternatif media seperti whatsapp atau media sosial dapat tetap menjaga anda mendapatkan ‘feel’ tetap bekerja walaupun dari Rumah

Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.