POAC dalam Manajemen Konten Platform Pembelajaran Digital

Muhammad Sulton Aminudin, S.Kom, M.M
Widyaiswara – UPT Pelatihan Koperasi dan UKM

Manajemen merupakan ilmu yang dinamis dan dapat diterapkan pada berbagai bidang, terutama bagi pengelolaan Platform pembelajaran digital. POAC adalah singkatan kata dari rangkaian proses Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) atau perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian dan pengawasan merupakan fungsi manajemen yang menjadi rangkaian proses yang perlu dilalui untuk mencapai tujuan yang diharapkan (Terry&Rue, 1982). Penelitian terbaru menyebutkan bahwa terdapat empat platform digital yang menjadi favorit selama masa pandemi yang sering digunakan yaitu whatsapp group, fasilitas google (google classroom, google form, google meet), dan zoom cloud meeting, sehingga sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran daring (Assidiqi dan woro, 2020).

Gambar  2 – Skema POAC dalam Platform pembelajaran digital siJawara

Sementara di UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, platform pembelajaran digital yang dikembangkan adalah SiJawara. SiJawara merupakan sistem informasi pembelajaran dan peningkatan wawasan perkoperasian dan UMKM yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel Sehingga dapat meningkatkan wawasan, serta kompetensi dan layanan konsultasi bagi gerakan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur (Chandraningtyas, 2021).Widyaiswara sebagai pusat pengembangan wawasan dan kompetensi koperasi UKM dan koperasi di Jawa Timur memiliki peran penting, dalam Pengelolaan platform pembelajaran digital berbasis POAC. Melalui rangkaian tahapan yang berfokus pada :

a. Perencanaan(Planning)

Kegiatan perencanaan melingkupi penetapan tujuan dan penentuan langkah bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama dari kegiatan manajemen dimana berfokus pada apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara melakukannya.

b.Pengorganisasian(Organizing)

Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.

c.Pelaksanaan(Actuating)

Actuating adalah peran dalam mengarahkan pekerjaan yang sesuai dengan tujuan organisasi. Actuating menjadi bentuk implementasi dari rencana, berbeda dari planning dan organizing. Actuating membuat urutan rencana menjadi tindakan dalam dunia organisasi.

d. Pengawasan(Controlling)

Controlling, adalah memastikan bahwa kinerja sesuai dengan rencana. Hal ini membandingkan antara kinerja aktual dengan standar yang telah ditentukan. Jika terjadi perbedaan yang signifikan antara kinerja aktual dan yang diharapkan, manajer harus mengambil tindakan yang sifatnya mengoreksi. Misalnya meningkatkan periklanan untuk meningkatkan penjualan, atau melakukan promosi kegiatan melalui .

(Bersambung….)

Leave a Reply

Your email address will not be published.