UPT PELATIHAN KUKM JAWA TIMUR GELAR PELATIHAN DARING PENGELOLAAN USAHA BERBASIS SYARIAH

Rasa antusiasme dan semangat belajar yang tinggi dari pelaku UMKM di Jawa Timur membuat UPT KUKM Jawa Timur mengadakan berbagai kegiatan yang sangat penting bagi pelaku UMKM. Salah satu program kegiatan dibulan ini adalah pelatihan daring tentang pengelolaan usaha berbasis syariah dimasa pandemi angkatan ke-4. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari senin dan selasa 30-31 Agustus 2021.

Dihari pertama pelatihan daring terdapat dua materi yang membahas tentang manajemen syariah dan inovasi UPT KUKM Jawa Timur. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Sri Andriani, S.E., M.SI. yang bertema manajemen syariah.  Materi yang disampaikan sangat menarik dan dirasa sangat penting bagi pelaku UMKM untuk menjalankan usaha yang dikembangkan sesuai dengan syariah islam. Materi yang disampaikan direspon sangat baik oleh peserta sehingga banyak peserta yang meminta pelatihan daring ini dilaksanakan secara tatap muka.

Materi kedua sajikan oleh Bapak Doni Handoko R., S.E, M.SOS., AK selaku kepala sie pengembagan pelatihan yang memperkenalkan inovasi UPT. Inovasi yang disampaikan adalah aplikasi Sijawara+ yang berisikan pelatihan pelatihan yang dapat diikuti oleh pelaku UMKM secara mandiri dan sertifikat pelatihan yang diikuti dapat didownload di aplikasi ini.Inovasi selanjutnya yaitu aplikasi e-perpus yang dimana pelaku UMKM yang ingin membaca dan meminjam buku koleksi UPT tidak perlu datang ke UPT melainkan melalui aplikasi sehingga efektif bagi pelaku UMKM se-Jawa Timur.

Inovasi selanjutnya yaitu podcast UPT sebagai media pembelajaran masa kini serta milenial, dan juga dimana para pelaku UMKM bisa diundang ke UPT untuk mempromosikan produk yang dihasilkan melalui podcast ini. Inovasi yang tidak kalah pentingnya yaitu galeri produk UPTyang bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM se-Jawa Timur di kantor UPT, dan inovasi terakhir yaitu bantuan informasi perijinan dimana para pelaku UMKM dibantu sebaik mungkin dalam perijinan dalam membentuk usahanya. Semua inovasi yang dikembangkan oleh UPT ini ditujukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dan dapat membantu para pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya.

Dihari kedua materi yang diberikan pun tidak kalah menariknya. Materi pertama disampaikan oleh bapak Mohammad Ghofirin, S.Pd., M.Pd. yang bertema koperasi syariah : tantangan dan harapan. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh bapak Prof. Ahmad Sani, MM dengan materi yang tidak kalah pentingnya yaitu koperasi dalam bisnis islam.

Pelatihan yang dilaksanakan dua hari ini disambut dengan sangat baik oleh pelaku UMKM di Jawa timur. Dengan antusias dan semangat belajar yang tinggi pelatihan daring ini berjalan dengan sukses dan lancar. Diharapkan pelatihan ini bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis berbasis syariah, sehingga bisnis yang dijalankan UMKM ini akan menjadi sukses dan berkah dimasa yang akan datang. (AIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.