Menyambut Ibu Gubernur dalam Peresmian Kantor Baru di UPT Pelatihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur

30 Maret 2021 adalah hari yang sangat bersejarah bagi UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. ditengah pandemi kami berhasil menyelenggarakan acara peresmian kantor UPT, sesuai protokol kesehatan yang berlaku, dengan hikmad. Bahkan panitia penyelenggara menyediakan tenda khusus tes swab bagi tamu undangan. Sebagai pusat Pelatihan dan pengembangan SDM koperasi dan UKM untuk wilayah Jawa Timur, Kantor lama yang berada di Jl.Karanglo 76, digantikan dengan lahan seluas 2,5Ha di wilayah Madyopuro, Kedung Kandang, Kota Malang.

Acara yang dihadiri Ibu Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indarparawansa, Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur, Walikota Malang dan Walikota Batu, serta perwakilan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota dan kabupaten Wilayah Jawa Timur, penggiat koperasi, kalangan akademisi hingga militer, semua disambut dengan hangat oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Bapak Mas Purnomo Hadi. Dilaporkan lebih dari 150-an peserta undangan hadir meramaikan acara peresmian sekaligus gelar produk UKM dilapangan dan parkiran UPT. Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan doa dari KH. A Muflih.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Dinas menyampaikan harapan agar kantor UPT dapat kembali memberikan kontribusi pada PAD Jawa Timur, seperti pada saat beroperasi di Karanglo yang memiliki beragam fasilitas pelatihan. Kantor baru ini memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan sebagai pusat pengembangan koperasi dan UKM. Selanjutnya sambutan diberikan oleh bapak Walikota Malang, yang menyampaikan berbagai perkembangan dan modernisasi yang terjadi di Kota Malang.

Sebagai pamungkas acara, ibu Gubernur dalam pidatonya, menyampaikan bahwa penguatan semangat berjejaring dan skill bagi UKM dapat menjadi peluang lompatan yang strategis di Jatim, salah satu contohnya adalah Kawasan industri halal terintegrasi di Sidoarjo. “Karena saat ini yang tengah kita lakukan keberlanjutannya sangatlah cepat sekali, karena nya memerlukan ‘Quick Response’ dari setiap stakeholder” pungkas nya. UPT sesuai yang diharapkan, telah bergerak kearah digitalisasi, dan perlu melakukan penguatan dalam bidang tersebut, agar terwujud insan Koperasi dan UKM yang maju menuju Indonesia emas ditahun 2045.

Dalam kesempatan peresmian dan kunjugan pertama di kantor UPT, ibu Gubernur mendatangi lokasi studio podcast dan perpustakaan yang berada pada lantai dasar kantor UPT. Beliau menyempatkan diri untuk ‘ngopi’ di café perpustakaan dan membuat posting di instagram pribadinya, tentang pentingnya menjaga fokus dengan segelas kopi pada kegiatan membaca di perpustakaan, “biar makin khusyuk” tulis beliau dilaman IG.

Leave a Reply

Your email address will not be published.